Home » , , » Kenali penyebab terlalu sering buang air kecil atau kencing

Kenali penyebab terlalu sering buang air kecil atau kencing

Melia Id | 1:16 AM | 84komentar

Tiap orang memiliki frekuensi berbeda dalam hal buang uang air kecil. Namun, Wanita lebih dominan  daripada pria dalam melakukan aktifitas ini, sebab volume kandung kemih wanita lebih besar dari pada laki-laki. Pria memakan waktu lebih lama untuk memenuhi kandung kemihnya sehingga mereka lebih jarang buang air kecil. Akan tetapi faktor lain yang mempengaruhi pada frekuensi kencing adalah tergantung banyak-sedikitnya Anda minum, cuaca udara, dsb

Berikut ini fakta menarik dari http://cara-mengobati.com yang patut dikenali penyebab terlalu sering buang air kecil atau kencing.

Kencing terlalu sering karena Infeksi Saluran Kemih (ISK). ISK adalah penyebab utama peningkatan frekuensi buang air kecil.

Kencing terlalu sering karena Diabetes. Sering buang air kecil sering merupakan gejala awal dari diabetes saat tubuh mencoba untuk membersihkan diri dari glukosa yang tidak digunakan melalui urin.

Kencing terlalu sering karena Prostatitis akut. Prostatitis akut adalah pembengkakan dan iritasi kelenjar prostat yang berlangsung cepat. Prostatitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada kelenjar prostat yang menyebabkan dinding kandung kemih menjadi sensitif. Kandung kemih mulai berkontraksi bahkan ketika masih memiliki sejumlah kecil urin.

Kencing terlalu sering karena Pembesaran prostat. Sering merasa ingin kencing, terutama di malam hari, adalah salah satu gejala dini pembesaran prostat jinak (BPH), yang banyak terjadi pada pria di atas usia 40 tahun.

Kencing terlalu sering karena Menstruasi. Hormon dalam tubuh perempuan berubah terus sepanjang bulan. Tepat sebelum menstruasi biasanya kelembaban wanita meningkat. Dalam beberapa hari menstruasi, kelembaban ekstra itu meninggalkan tubuh sehingga meningkatkan frekuensi buang air kecil.

Kencing terlalu sering karena Kehamilan. Pada minggu-minggu awal kehamilan rahim mengalami perkembangan sehingga menekan kandung kemih, menyebabkan sering buang air kecil.

Kencing terlalu sering karena Sistitis interstisial. Radang dinding kandung kemih kronis yang tidak diketahui penyebabnya ini ditandai dengan nyeri di daerah kandung kemih dan panggul. Gejala utama sistitis adalah dorongan kuat untuk buang air kecil, setiap kalinya hanya mengeluarkan sejumlah kecil urin (Jawa: anyang-anyangen).

Kencing terlalu sering karena Kafein. Kafein menghambat kerja hormon antidiuretik (ADH). Hormon itu memastikan bahwa tidak terlalu banyak air dalam urin. Hambatan terhadap ADH membuat produksi air urin meningkat. Disarankan bahwa untuk setiap cangkir kopi Anda meminum segelas air putih untuk mengisi kekurangan tersebut.

Kencing terlalu sering karena Obat-obatan. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dapat membuat Anda lebih sering pipis untuk sementara dan kembali normal setelah Anda berhenti minum obat.

Kencing terlalu sering karena Stroke atau penyakit neurologis lainnya. Kerusakan saraf yang mengendalikan kandung kemih dapat menyebabkan masalah fungsi kandung kemih, termasuk dorongan untuk buang air kecil yang terlalu sering dan tiba-tiba.

Kencing terlalu sering karena Kandung kemih terlalu aktif. Beberapa orang sering buang air kecil terutama di malam hari. Gejala ini disebut nokturia dan biasanya mempengaruhi orang berusia lebih dari 50 tahun, ibu hamil, pria dengan kanker prostat dan gagal jantung. Normalnya, produksi urin di malam hari berkurang sehingga Anda dapat tidur dengan damai. Dalam kasus nokturia, produksi urin tetap besar sehingga mengakibatkan sering buang air kecil.

Sumber lain http://www.seringkencing-mengompol.com menyebutkan, perlu diwaspadai masalah sering buang air kecil adalah, sbb:

Overactive Bladder (OAB) seringkali disebut Beser
adalah kondisi dimana kandung kemih berkontraksi tidak semestinya, menyebabkan desakan tiba-tiba untuk kencing. Ketika hal ini terjadi, pada beberapa orang menyebabkan juga terjadinya ’ ngompol’  (sedikit menetes sebelum dapat mencapai toliet), walaupun hal ini tidak selalu terjadi. Gejala lain dari OAB adalah sering ke toilet – delapan kali atau lebih selama 24 jam dan terbangun satu kali atau lebih pada malam hari untuk kencing.

Ketika anda mengalami OAB, maka otot detrusor berkontraksi disaat yang salah, yaitu sebelum kandung kemih Anda penuh. Hal inilah yang disebut sebagai terlalu aktifnya detrusor (otot yang melingkupi kandung kemih) atau ketidakstabilan detrusor. Anda akan merasa sangat tiba-tiba dan segera untuk berkemih dan Anda kemungkinan tidak dapat mengontrol kandung kamih Anda walaupun hanya untuk beberapa detik. Anda mungkin akan berkemih selama waktu tidur, setelah meminum air atau bahkan ketika Anda mendengar air mengalir

OAB bukanlah bagian dari proses penuaan dan bukanlah suatu kondisi yang wajar. Oleh karenanya OAB bukan hanya problem fisik – hal ini dapat memberikan efek yang serius terhadap kehidupan Anda.  Pasien dengan OAB biasanya akan mengalami kekhawatiran untuk mengunjungi tempat- tempat baru, atau bahkan untuk meninggalkan rumah dan mereka biasanya tidak dapat menikmati hidup tanpa bebas gangguan berkemih.

OAB juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius. Penderita dengan kondisi seperti ini biasanya dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, ulkus pada kulit, problem tidur, depresi dan kondisi medis lainnya. Mereka juga mempunyai resiko untuk jatuh dan patah tulang oleh karena seringnya terburu-buru bangun malam hari untuk berkemih. Penderita OAB menyebabkan 26% resiko untuk jatuh dan 1/3 nya mengalami patah tulang. Jatuh dan patah tulang, inilah yang menyebabkan untuk mendapat perawatan di rumah sakit atau fasilitas perawatan lainnya yang memerlukan waktu lama.
Share this article :

84 komentar:

laura monalita said...

saya wanita umur 2o thn,, saya sering buang air kecil, padahal cuaca tidak begitu dingin,, saya lebih sering buang air kecil lbh sering dbandingkan teman sekamar saya.. jika mlm sebelum tidur saya minum segelas air,,dan akan sering buang air kecil pd mlm hari,, ketika bangun tidur d pagi hari air kencing saya berwarna ornge,,
tlg jelaskan apa kah saya mengalami infeksi katong kemih.. trimakasih

Melia Id said...

Seringnya buang air kecil bisa menjadi pertanda bahwa orang bersangkutan tengah mengalami penyakit yang tidak terdeteksi atau perkembangan dari penyakit kronis. Ditambahkannya, kebiasaan buang air kecil ketika tengah tertidur dapat pula berisiko pada penyakit lain. Umpamanya kerapuhan tulang yang terjadi ketika orang hendak bangun dari tempat tidur untuk pergi ke kamar kecil

warna urine merupakan alarm yang di berikan tubuh agar kita lebih memperhatikan cairan atau makanan yang di komsumsi. Seperti di ketahui urine bukanlah hanya sekedar produk limbah dari tubuh. Namun urine juga di jadikan indikator kesehatan, karena berbagai tes kesehatan di lakukan dengan memanfaatkan media urine. Urine merupakan cairan yang di keluarkan dari tubuh tanpa mengandung racun. Dalam urine terdapat 95 persen air, 2,5 persen urea dan sisanya merupakan peleburan hormon, enzim, garam dan mineral

Warna orange
Di pengaruhi oleh obat-obatan yang di komsumsi, pengaruh dari komsumsi makanan seperti jeruk atau yang berwarna merah. Namun juga indikasi tubuh sedang mengalami dehidrasi.

Vhita gausa said...

Saya wanita berumur 20th, saya sering buang air kecil mungkin gak kehitung kalinya sehari karena belum lama buang air kecil beberapa menit atau beberpa jam kemudian sudah mau buang air kecil lg saya sering kesal karena itu.
Saya m0hon solusinya bagaimana?

Vhita gausa said...

Bagaimana solusi pertanyaan saya tadi. .

Melia Id said...

Coba kamu konsultasi langsung kedokter,kemungkinan penyakit yg diderita bisa dideteksi sejak dini. Krn keseringan buang air kecil bisa jadi pertanda penyakit diatas.

Vitta Kurniasari said...

umur aku udah 24thn dan udah bersuami juga..akhir2 ini aku sering banget pipis, bhkan smpai gak betah kluar masuk kamar mandi terus aku jadi ngompol.. rasanya tuh di mrs, V aku gatal banget dalamnya sampai menjalar ke pusar rasa geli dari gatalnya, itu yang bikin aku jadi pipis terus.. kira2 knp yah?? kalau hamil gak mungkin soalnya udah sempat aku tespack juga tapi negatif..

mohon solusinya yah? makasih..

Melia Id said...

Trima kasih kembali Vitta
Banyak sekali penyebab 'beser' selain penyebab dari artikel diatas, keseringan pipis yg membuat celana dalam sering lembab, dan dapat berpengaruh pada mrs V jadi gatal dan ditumbuhi jamur,kutu,lecet. Panas dalam, kesulitan buang air besar (keseringan ngeden) yg berakibat penurunan pd rahim akhirnya keseringan beser, Itu bisa dilakukan dgn pijat pd ahlinya. Bisa jadi penyebab lainnya seperti Gejala diabetes atau kencing manis yang menyebabkan berubahnya struktur kencing yang berpengaruh terhadap kebersihan area vagina.

Segera lakukan tes gula darah untuk memastikan kemungkinan tersebut.
Kemungkinan terburuk adalah adanya tumor yang sedang tumbuh di area kewanitaan juga menyebabkan rasa gatal pada vagina.Penyebab gatal pada vagina tersebut bisa dicegah dengan selalu menjaga kebersihan area kemaluan wanita.

11066susifarida said...

Saya wanita berumur 21..tiap kali saya minum, gak brp lama pasti saya lgsg pipis..dan terjadi blakangan ini..mmg sblmnya saya mnum sgt sdkit stiap hari dan skrg pinggang saya kdg terasa pegal..saya mau tanya, kr2 itu normal gak ya? Trimakasi ya :)

Melia Id said...

Selama buang air kecilnya tidak sakit / nyeri,berdarah..so wajar saja ya. Sy pun juga pernah mengalaminya.Seringkali org menilai jika sakit / pegal pd pinggang pertanda sakit ginjal, dan bisa jadi disebabkan oleh banyak kondisi/penyakit.Rasa sakit/nyeri di daerah punggung bawah umumnya terjadi karena adanya urat saraf yang terjepit/terhimpit/tertekan, atau karena adanya urat saraf yang teregang/tertarik. Tergantung pada urat saraf mana yang terlibat, daerah nyeri/sakit yang timbul sesuai dengan lokasi dan perjalanan urat sarafnya. Trimakasih kembali susi

Anonymous said...

Saya wanita berusia 20 thn,, sebelumy saya sangat jarang sekali minum dan buang air kecil,, belakangan ini saya kena gejala ambeyen dan saya disarankan juga untuk banyak minum,, tapi saat siang hri buang air kecil saja masih bsa dktan wajar,, tp ktika malam hri seblum tdur,, saya sering buang air kecil dan volumenya sedikit,, sampe saya harus tengah malam baru bisa tidur,,saya takut ad penyakit kronis,,terima kasih

Melia Id said...

Ambeien / wasir perlu diwaspadai jika saat buang airbesar mengalami pendarahan pada anus.Ambeien memang harus bny minum dan makanan berserat. Masalah sering buang air mlm hari tp volumenya sedikit, masih wajar. Ini bisa jadi pengaruh udara dingin saat malam hari, juga stress, apalagi kalo sering begadang disertai minum yg bnyk, biasanya suka bolak balik ke kamar mandi.Jika hal itu mengganggu trus menerus, coba cek ke dokter . terima kasih kembali

sri said...

Saya ibu rumah tangga berumur +-28th.
Mau cerita, klu saya lebih sering buang air kecil. Dalam 1 kali ke kamar mandi saya buang air kecil tak cukup 1 kali. Bahkan setelah keluar dari kamar mandi dlm waktu singkat rasa ingin buang air kecil datang lagi. Apabila di malam hari saya kewalahan karena susah tidur dibuatnya.

Mohon jawaban dan solusi atas keluhan saya.
Terima kasih sebelumnya...

ambar rindiani said...

saya wanita brumur 18 tahun, saya punya keluhan sering buang air kecil, awalnya ga pernah trjadi kaya gini tapi akhr" ini sering banget bulak balik masuk wc, yg sya rasain sakit ktika ngeluarin air seni nya kaya mau buang air yg udah di tahan lama jadi kebelet mulu, terus pas udah bres kadang masih krasa pgen pipis lg tp ga kluar, kira" kenapa ya trus apa solusinya?

Anonymous said...

Saya perempuan berusia 24 tahun. Saya suka sekali buang air kecil setiap mau tidur seringnya kurang lebih 4 sampai 5 kali. Tolong dijwb.

Melia Id said...

Banyak sekali penyebab rasa sakit saat buang air kecil, ada juga dikenal dgn infeksi saluran kemih dan yg perlu diwaspadai penyakit gonnorhea. Jika sakitnya sudah berlangsung lama, baiknya cek ke dokter dech mbak supaya ga telat deteksi penyakitnya.

Melia Id said...

Bu Sri, banyak penyebab sering buang air kecil seperti kopi, minuman alkohol, efek samping obat,masa kehamilan, dan infeksi saluran kemih. Gejala kencing tapi tidak tuntas-tuntas (anyang2an) hampir menyerupai infeksi tersebut jika disertai sakit pinggang, air seni berwarna pekat/merah, sakit wktu kencing, dsb. Baiknya cek kedokter bila sudah mngganggu kenyamanan beraktifitas. Trima kasih ibu...

Sesi Susanti fitriani said...

Nama saya Sesi, baru berusia 16tahun. keluhan saya "saya kalo buang air kecil rasanya itu sakit banget, dalam 1 jam lebih dari 10x ke wc, malah kalo udah gk bisa nahan suka pipis dicelana. udah gitu keluarnya cuman sedikit banget.

mohon solusinya ;( :|

Melia Id said...

kalo tidak ada rasa sakit..itu asih wajar.. Kencing dinilai sering tergantung dari berapa banyak yang kita minum.

Melia Id said...

trima kasih jeng Sesi....Dari pertanyaan dan komentar yg sdh diterbitkan diatas, mungkin dpt menjwb pertanyaanya. ..baiknya cek ke dokter, dikhawatirkan ada yg bermasalah sm kandung kemih / infeksi

Laura Aprilya said...

Saya sering kencing,setiap 10 mnt,atau dehabis minum,sampai tak bisa tidur,dan tidak ada rasa nyeri,cuma di bagian bwh perut ada rasa ga enak,dan perut terasa keras,pdhl biasanya dulu perut saya sangat kempes,jadi stress..

Anonymous said...

saya aina 25 thn..saya sering banget pipiis.minumnya gk byk tp pipisnya volumenya byk..kira2 knp ya mbak.mhn di bantu jelasin ya mbak.mksi

Melia Id said...

Ok, terima kasih atas kepercayaannya. Sebisa mungkin sy bantu ya mbak untuk mencarikan informasi penyebabnya ( meski sy bukan dokter, tp sy bertanggung jawab utk membantu menjawab semua artikel yg sy terbitkan dari berbagai informasi dokter).

Bila terjadi suatu keadaan dimana kadar air di dalam tubuh turun dari kadar seharusnya, maka tubuh secara langsung akan meminta penggantian kadar air yang hilang, dan kita butuh minum. Kalau kehilangan kadar air tidak segera diganti, maka kadar air tubuh akan makin turun sehingga kadarnya dibawah kadar normal, tubuh akan mengalami dehidrasi. Karena normalnya akan mengalami absorpsi dan reabsorpsi, maka seharusnya air itu tidak seharusnya langsung keluar, tak lama setelah kita meminum air itu. Tapi memang bisa terjadi demikian, karena tidak bisa dipungkiri kalau sistem masukan - keluaran air di tubuh itu adalah sistem keseimbangan. Di mana saat kadar air kurang, maka tubuh perlu masukan air; dan di mana saat kadar air sudah lebih dari cukup, maka tubuh akan mengeluarkan kelebihan air itu melalui saluran urin

Pada kasus mbak aina, keseringan buang air kecil sebenarnya bisa saja dikaitkan dengan cuaca atau udara dingin. Cuaca dan udara dingin memang bisa membuat kebelet buang air kecil makin menjadi-jadi, walau minum hanya satu gelas sekalipun.

Kalau ternyata sering kebelet ini tidak ada hubungannya dengan udara dingin, maka permasalahannya pasti ada pada membran saluran pencernaan ananda yang tidak banyak bisa menyerap air yang ananda minum, atau bisa juga ada pada sistem metabolisme tubuh sehingga air yang ada tidak terpakai maksimal dan malah terbuang percuma (cuma lewat saja), atau bisa juga permasalahan ada pada saluran urinasi secara khususnya sehingga air lebih terpusat di sana untuk dibuang. Permasalahan saluran urinasi ini biasanya dikaitkan dengan infeksi saluran kemih. Ada baiknya mbak Aina coba periksakan keadaan ini lebih lanjut ke dokter

Melia Id said...

Thanks mbak Laura...
banya sekali penyebab sakit dibagian bawah perut apalagi disertai kencing trus menerus. Jika organ satu mengalami peradangan akan merangsang organ tubuh lain bereaksi. Penyakit berat yg ada dalam tubuh bisa diketahui melalui perut. Hati - hati Jika sakit perut bagian kanan, indikasi radang usus buntu, infeksi saluran kencing. Baiknya mbak cek ke dokter supaya penyakit bisa dideteksi sejak dini. Pola makan teratur tetap dijaga serta olahraga yg cukup

yusuf junior said...

Maaf dok..ni mau nanya,,istri sy susah bab bbrapa hari,habis itu q anjurin tuk minum vegeta biar lancar,pada saat itu dia jg sllu buang air kcil,trus stelah minum vegeta kok malah mencret dan udah seminggu juga masih sering buang air jecil tp dlm jmlah yg sdikit.mhon petunjuknya,dan penjelasannya dok.

yusuf junior said...

Slamat malam dok,saya mau tanya sminggu yg lalu istri sya susah bab,trus slalu buang air kecil tapi dalam volume yg kecil,habis itu sy anjurin tuk minum vegeta biar bab nya lancar ,ternyata malah mencret tp buang air kecil masih sering dlm volme yg kecil,mhon solusi dan penjelasannya.apa ada hubungannya dng kehamilan kalau slalu buang air kecil dlm jmlah yg sedikit?atau itu hanya pengaruh dari susah babnya?,mohon penjelasannya dok

infokutuju said...

Duhh..sy bkn dokter mas,..info ini sering sy tny ke dokter yg kebetulan msh saudara...Kalo lg hamil extra hati2 mas minum vitamin seperti vegeta. Biasanya ibu hamil mmg sering kesulitan BAB, sering pipis. Sembelit saat kehamilan ini terjadi karena adanya perubahan hormon selam masa kehamilan dan tentunya sembelit saat hamil alan mempengaruhi kerja organ, termasuk fungsi pencernaan yang cenderung akan melambat. Hal ini disebabkan karena usus mmecah nutrisi dari makanan yang dicernanya sekecil apa pun dalam rangka memenuhi kebutuhan perkembangan janin. Selain hal tersebut, tubuh juga menyerap lebih banyak air, sehingga tinja yang dihasilkan akan lebih kering. Penyebab lain yang memicu atau memperburuk sembelit yaitu adanya pemberian suplemen zat besi dosis tinggi semasa hamil.
Pemberian suplemen zat besi pada ibu hamil memang seringkali digunakan. Hal ini karena untuk mencegah anemia pada ibu hamil dan juga agar suplay oksigen dan juga nutrisi yang diberikan ibu hamil kepada janin akan semakin baik yang disalurkan melalui media plasenta. Hanya saja bila berlebihan maka hal ini akan menyebabkan sembelit / konstipasi pada kehamilan.

Sepanjang tidak ada lagi gejala penyakit lainnya, konstipasi pada kehamilan seperti hal nya pendarahan, konstipasi tidak perlu dikhawatirkan. Apalagi sembelit saat kehamilan bisa dicegah dan diatasi. Perbanyak makan sayur, minum air putih dan aktifitas. Madu, kacang hijau sangat baik utk ibu hamil, mas. Kacang hijau memperlancar proses pencernaan dan madu utk menambah tenaga / fitalitas serta menjauhkan dari sembelit. Konsumsi makanan yg serba alami saja ya mas. Trima ksih atas kepercayaannya dan kunjungannya

habibur rohman said...

saya seorang laki-laki berumur 22 th...
Intensitas kencing saya sangat parah, sudah berlangsung sekitar 6th sejak saya kelas 2 sma,,,,
saya pernah operasi pengangkatan batu ginjal, tapi masih sering pipis...

INFOKU7 said...

Jenis batu ginjal itu banyak mas, dg mengetahui jenis batu ginjal yang anda alami dapat membantu anda mengerti apa yang menyebabkan batu ginjal terbentuk dan dapat memberikan petunjuk apa yang dapat anda lakukan untuk mengurangi risiko mengalami batu ginjal. Jika Anda pernah memiliki batu ginjal, maka tinggi risiko kemungkinan Anda terkena batu ginjal lagi.. Jika frequensi kencing makin parah, konsultasikan ke dokter, ini dikhawatirkan infeksi saluran kemih.

Alternatif pengobatan alami yg bisa mas lakukan, coba minum ramuan dibawah
Minum campuran dua ons jus lemon dengan dua ons minyak zaitun ( 1-2hr) lalu sertai minum air putih yg bnyk, istirahat yg cukup dan kurangi makanan yg byk mengandung kalsium tinggi (terutama suplemen) dan kurangi makanan yg mengandung garam.

informasi ini bersumber dr .earthclinic.com, banyak org luar sdh mengkonsumsi jus lemon tsb dan merasakan khasiatnya. Semoga batu ginjalnya tdk kambuh lagi. Terima ksh

anggi ayu said...

selamat malam mba, saya wanita usia 20 thn, saya sudah lbh dr 3hari ini selalu merasa ingin buang air kecil itu dalam intensitas waktu yang singkat dalam 1 menit saya bisa berkali-kali buang air kecil bahkan saat saya melakukan aktivitas, rasanya sakit dan sempat ada darah sdkit yg kluar saat saya buang air kecil , apakah itu bisa termasuk salah satu gejala sistitis ? selain itu saya melihat seperti ada perubahan pada bagian perut bawah bagian dpn miss V terlihat agak besar , solusinya apa ya mbak ?ato saya harus berkonsultasi k dokter apa ?terimakasih mbak , mohon di balas :(

INFOKU7 said...

Mbak ayu, kadang td semua penyakit sistitis ditandai gejala tsb diatas, gejala yg hampir mirip dialami mbak ayu bisa jadi krn termasuk slh satu penyakit Vaginitis / infeksi peradangan vagina. Penyebabnya macam2, bisa krn didaerah V sering lembab, hubungan seksual, sabun dan busa sabun, semprotan, tisu, dsb. Bakteri vaginosis dapat menyebabkan sejumlah komplikasi ( termasuk peningkatan risiko penyakit radang panggul , penyakit menular seksual , dan persalinan prematur dan kelahiran prematur ) , penting untuk mengobati infeksi secepat mungkin. Dalam mengobati vaginosis bakteri , penyedia layanan kesehatan biasanya meresepkan antibiotik ( yang membantu mengembalikan keseimbangan yang sehat bakteri dalam vagina ) . Ketika mengobati vaginosis bakteri , penting untuk menggunakan semua obat yang diresepkan ( bahkan setelah semua gejala mereda )

Utk lbh detailnya mmg hrs cek laboratorium atau ke dokter mbak ayu. Terima kasih

ayu said...

selamat sore mba
saya wanita umur 19thn akhir-akhir ini saya sering buang air kecil terkadang serasa ingin buang air kecil dan terkadang pinggang belakang terasa sakit dan disusul dengan sendi-sendi dipergelangankaki dan tangan terasa ngilu bergantian terus perut terkadang sakit

vialis said...

maaf sblumnya tolong di jelaskan scra detail, penyakit itu knpa, ? dan sebabbnya pa ? dan bagaimna cara mngobatinya harus tnpa ke dokter dulu .

vialis said...

penyakit itu di sebabbkan pa ?
dan bagaimna cara mengtasinya harus tnpa ke doktr dlulu ?
mohon di perjelas lagie .

INFOKU7 said...

Pada pria dan wanita dengan usia dibawah 50 tahun keluhan sering buang air kecil , sedikit-sedikit dan terasa nyeri maupun anyang-anyangan, bisa jadi merupakan gejala infeksi saluran kemih maupun indikasi atas gejala adanya batu disaluran kemih. Jika saat kencing keluar sel darah putih berarti gejala ISK, sebaliknya sel darah merah yg keluar kemungkinan batu saluran kemih..

Baiknya kenali dulu sakit yg dirasakan bagian mana mbak, jika timbul rasa sakit /nyeri atau pegal ada pinggang belakang bagian atas atau tepatnya dibawah tulang iga terakhir sebelum tulang ekor, itu berarti gejala kencing batu.

Gejala Kencing Batu :
Rasa nyeri yang menusuk-nusuk, menjalar ke arah samping mengikuti alur saluran kemih.
Terkadang ketika buang air kecil terasa nyeri
Sering anyang-anyangan (keluarnya air seni sedikit-sedikit namu sering)
Warna air seni menjadi warna kemerahan seperti air daging
Terkadang disertai rasa mual dan demam.

Gejala-gejala infeksi saluran kencing;
- Sering kebelet kencing. Rasa pingin kencing sangat kuat hingga susah ditahan.
- Rasa panas saat kencing. Rasa panas dan nyeri saat mengeluarkan kencing.
- Sering kencing, namun sedikit-sedikit. Ada rasa ingin kencing terus menerus.
- Kencing keruh. Kencing keruh karena adanya sel kuman dan sel pertahanan tubuh.
- Kencing tampak kemerahan. Kencing berwarna kemerahan karena adanya darah dalam kencing.
- Bau kencing busuk. Bau yang sangat pesing/menyengat karena hasil sampah kuman.
- Nyeri di perut bawah diatas paha.

Untuk penyebabnya kencing batu, bisa karena faktor keturunan,pola hidup kurg sehat, makan tdk teratur,dll. Sedangkan penyebab ISK, kebanyakan karena kurang jaga kebersihan saat pipis, kurang minum,dsb. Baiknya segera berkonsultasi dengan Spesialis Urologi, dari uji laboratorium warna urine, dokter bisa mengetahui penyakit atas keluhan mbak tsb. Terima kasih

RURI hambur said...

Apakah penyebab B.A.K gara2 keseringan minum air yg bnyk

fitratullakbar phizters said...

saya laki2 berumur 17 thn, saya sering buang air di malam hari..,

apakah saya mengidap suatu penyakit....?

MOHON PENJELASANNYA

TERIMAKASIH

Admin said...

udara malam hari yg terasa dingin menambah frequensi buang air sering terjadi mas, apalagi kalo tidur di ruang AC, pasti bakal bolak balik kamar mandi. Jika tdk terjadi keluhan seperti rasa nyeri saat kencing,berdarah,dsb.. tdk perlu dikhawatirkan mas. terima kasih

Admin said...

minum banyak termasuk slh satu penyebab sering kencing. kadang olah raga terlalu berat, dan ada yg sering dikenal panas dalam,cuaca, susah buang air besar..frekwensi kencing jadi bertambah

riska said...

Akhr2 ini buang air kecil saya knp jd meningkat yaa berselang 10 mnitan saya buang air kecil lg bgtu seterusnya ..
tp warna urine.a normal bening kok ..
itu knp yaa?

Admin said...

di cek dulu ke labor mbak riska, apalagi jk disertai sakit pinggang dan nyeri saat buang air kecil. Tp jk tdk ada keluhan, mungkin krn cuaca yg sering hujan, atau akibat panas dalam dan bisa jadi krn kesuitan buang air besar akibatnya kondisi kandung kemihnya agak turun.

SENSEN said...

saya wanita umur 22 th,..saya sudah menikah,akhir2 ini saya selalu buang air kencing,..kadang sampai g terasa klo saya kencing,,ky ngompol gt,,tp kluar air kencingnya dkit bgt,..stiap kencing skit n ada rasa kya geli gt sampai puser sktnya berasa,..iyu kenapa ya????tlong solusinya,...

Admin said...

cek dokter mbak, dikhawatirkan ada apa2nya disekitar rahim. bny kasus yg sama dgn indikasi beragam, infeksi saluran kemih, ginjal, virus sekitar vagina dll. jgn tunda lagi ya mbak...segera cek labor

reni wahyundari said...

saya reni umur 20 th..
saya sering bget kencing tp keluarnya dikit2... mungkin 1jam tuh 10x lebih..
tyus klo pas pipise keluar tuh rsane ngilu bgett smpe k.perut...
itu kenapa yaw???
mohon solusinya..

Admin said...

mohon dibaca ulang kolom komentar dan jawaban nya mbak reni. mgkn bs membantu solusi dr permasalahanya. trima kasih

indrilaras azahra said...

Saya indri umur 20thn
Saya sering kencing sesudah kencing saya merasa ngilu,tetapi keluarnya sedikit dan sering
Mohon solusi dan kenapa ? Terima kasih

indrilaras azahra said...

Saya indri umur 20thn kencing saya sering dan sesudah kecing saya merasa ngilu,tapi air kecingnya keluar sedikit sedikit,mohon solusi dan kenapa ? Terima kasih

infokutuju said...

mbak indri. indikasinya infeksi saluran kencing, coba tes urine dulu ya mbak. dan penyebabnya byk sekali. dicoba juga minum dan siramkan rebusan air daun sirih. terima kasih

Dioz Candy said...

Saya dios 20 tahun, mau nnya nih mbak ini setiap saya minum air, pasti di setiap 5 menit saya pasti akan pipis, dan bisa di pastikan setiap saya minum lagi, bawaan nya kepengen pipis lagi.
mohon solusinya mbak dan knpa yah??
makasih .. .. :)

dianti mei said...

saya wanita yang berumur 20 thn saya 7 bulan yang lalu saya menderita penyakit luka lambung dan nyeri di bagian hulu hati, setelah mnjalani pengobatan 1 bulan kmudian nyeri di hulu hati itu sembuh, lalu saya kira penyakit luka lambung saya itu sudah sembuh saya mengonsumsi sering minum kopi dan makan makanan pedes lagi, setelah itu saya sering bolak balik kamar mandi terus buang air kecil sampai sekarang sehari bisa lbh dari 10 atau lebih,

mohon solusinya y mbak knp?

makasih :)

Admin said...

penyakit tukak lambung atau sering disebut sakit maag sampe saat ini blum ada obatnya. byk org slah persepsi bahwa penyakit ini akibat sering makan pedas, asam,kopi dll. Padahal ada bakteri lain penyebabnya sdgkn makanan pedas dan kopi hanyalah memperparah lambung menjadi luka. Sering penderita mengkonsumsi obat anatsida utk mencegahnya, namun obat tsb bukan mengobati dan menyembuhkan. Cobalah makan teratur dan jgn biarkan perut kosong lalu menyantap minuman dan makanan yg dp mempengaruhi pengeluaran asam lambung.

utk obat alami bisa mengkonsumsi air rebusan daun kemuning. tanaman ini kyk bunga melati. ambil 35gr daun kemuning n masak dgn 3gls air. sisakan air rebusan hingga 1,5gls lalu saring dan minum. rutinkan tiap hari

utk gejala sering beser, coba cek labor mbak, dikhawatirkan ada penyakit lain yg menggaanggu. cepat sembuh ya mbak n cobalah makan teratur n hindari jajan sembarangan. terima kasih

berhati-hatilah dlm konsumsi obat maag

yulianda putri said...

Nama saya putri, saya berusia 19 tahun, untuk 1minggu blakangan ini saya sering buang air kecil, padahal dulunya dalam sehari saya hanya buang air kecil 3 sampai 4 kali dalam 24 jam. Dan akhir" ini saya sering buang air kecil disertai rasa sakit diperut bagian bawah dan tempat kluarnya air seni tersebut. Itu knpa ya,? Mohon masukkannya ya. :')

yulianda putri said...

Mohon solusinya ya :')

Admin said...

Mbak yuli/putri.
Tidak semua keluhan penyakit indikasi atau jenis penyakitnya sama. Memang sih kalo sakit yang disertai sering buang air kecil, mungkin saja anda terkena infeksi saluran kemih. penyebabnya karena terlalu lama menahan buang air kecil, terlalu sering menahan buang air kecil (kencing) juga dapat memicu timbulnya penyakit ini, dan lain sebagainya.

Biasanya kalo cek labor atau tes urine, dokter akan memberithu jenis penyakit yg anda derita. Saran sy kepada semuanya...jangan suka menahan kencing dan menunda2nya, bahaya sekali. ok itu sj jawaban dr saya. terima kasih

Ricky Faisal said...

Saya laki-laki berumur 15 tahun saya sering sekali kencing misalnya minum satu gelas.dalam beberapa menit saya akan kencing secara terus-menerus kencingnya banyak dan berwarna bening penyebabnyw apa ya dan tolong solusinya.

Terima kasoh .

azkya rovy said...

Suami saya umur 37th,sudah 1minggu mengeluh disebabkan sering buang air kcil/anyang anyangen,dia takut kalau terkena diabetes karena ayahnya dulu juga terkena diabetes.Apakah diabetes bisa jg karna keturunan..mohon penjelasannya,trima kash.

Admin said...

Penyakit diabet bisa muncul krn faktor keturunan ibu, kalo jaman dulu diabetes bisa dicek dengan melihat air seni yg dikerubuti semut atau dicicipin sedikit rasa air seninya. Dgn cek labor, dokter bisa deteksi penyakit suami ibu sebelum terlambat.

devi said...

Saya wanita umur 21 tahun
♏åu nanya kenapa yahh abis minum obat aku selalu pipis ampe tidak bisa dihitung .mungkin tiap 15 menit ♏ååʊʊʊ pipis

witri kartikasari said...

Saya wanita umur 18 tahum saya mau nanya kenapa dari tadi pagi saya bolak balik ke wc terus sll rasannya bentar" pengen pipis setiap saya pipis itu sakit dan pipis saya pun hanya sedikit,
Mohon komentarnnya :D

Admin said...

Neng witri,,coba cek pd kolom komentar, keluhannya pernah sy jawab dr pertanyaan teman lainnya. trima kasih

Admin said...

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, salah satunya, dapat membuat anda lebih sering pipis untuk sementara dan kembali normal setelah anda berhenti minum obat.

Abdool Nopandy said...

Saya abdul
Laki2 umur 21th, saya sering buang air kecil trutama di malam hari pada waktu yg sama sering trjd dan itu mengganggu kualitas tidur saya di malam hari. Kira2 kenapa yah?

Admin said...

Keadaan sering buang air kecil dimalam hari ini bisa dimungkinkan merupakan salah satu gejala sakit kencing manis dan infeksi pada ginjal. Selain itu mungkin juga terdapat gejala lain yang mendukungnya.

Selain seringnya buang air kecil, juga biasanya akan merasa haus, sering merasakan lapar, kelelahan n berat badan menurun. Jika beberapa gejala tersebut ada, sebaiknya segera periksakan ke dokter, untuk diperiksa kadar gula di labor

trima kasih Abdol semoga bisa membantu

wahyu anggraeni said...

Saya reni 17th, saya ada masalah sejak 3 hari terakhir ini. saya sering merasakan ingin buang air kecil, tapi setelah saya buang air kecil rasa ingin buang air kecil itu timbul lagi. Bahkan dalam kurun waktu kurang dari 1 menit. Saat buang air kecil juga rasanya sakit sekali, air kencing juga berwarna agak keruh, bahkan sempat sedikit keluar darah. Kira-kira saya kenapa ya? Dimohon jawabannya & solusi untuk mengobatinya. Terimakasih

Admin said...

silahkan cek dikolom komentar..dan lihat artikel warna air kencing..dg menggunakan kotak search diatas menu blog. trimakasih

liana . said...

Malam ka saya liana umur 17 thn mau nanya baru hari ini sekitar pukul 19.00 knp saya sering kencing" terus yah memang badan saya lagi kurang enak . Tolong jawab penting saya takut soalnya :'(

Terima kasih ka sebelumnya

Admin said...

dek liana..biasanya kalo lg demam frequensi kencing sering banyak..cuma kalo infeksi saluran kencing ditandai dgn sakit pd perut bagian bawah, saat kencing terasa panas,warna air seni keruh n juga bisa disertai darah, demam.dsb. Kalo gejala sering kencingnya tdk kenal waktu,mlm, hr panas n dingin..segera kedokter..ya..ngga usah takut...menghindari dehidrasi perbny minum n mkn sayur juga konsumsi makan yg byk kuahnya. terima kash

Anonymous said...

PUTRI,,,,

Siang mas,, aq mau nany bbrpa hri ini aq sering buang air kecil dan ada rasa tidak nyman pda vagina penyebab nya pa ya mas,,,,
tq ya mas,,,

Admin said...

bakteri...atau juga virus...penyebbnya macam2..kurang bersih saat buang air kecil, pembalut, indikasi penyakit lain

Anonymous said...

siang mas, saya punya saudara laki-laki yg berumur 29 tahun,, dia mengalami sering buang air kencing sejak 8 tahun silam hingga sekarang... apa penyebabnya hingga keluhan tersebut bisa sampai bertahun-tahun..

sebelumnya terimakasih atas jawabannya bila berkenan,, :)

Admin said...

sulit mendeteksi penyakit jika tidak disertakan keluhan lainnya. Banyak orang memiliki penyakit ginjal kronis disebabkan gejala penyakit ginjal ini berlangsung lama hingga tidak bisa dideteksi pemiliknya. Gejala penyakit ginjal ini sering datang dan hilang, tapi biasanya bila gejala penyakit ini mulai makin berat..itu sudah mencapai ginjal kronis bahkan gagal ginjal.

Sarankan ketemannya mas untuk segera cek labor, waspada sebelum terlambat. terima kasih

Denty husnul said...

Saya wnita b'umur 19 thun
akhir akhir ini saya sering buang air kecil tapi setelah buang air kecil jlan keluarnya air tadi terasa agak nyeri dan rasa nya seperti mau keluar air lagi.
Mohon jawaban

melia said...

coba cek di kolom tanya jawab komentar atas pertanyaan mbak denty

Anonymous said...

Saya wanita berumur 22 tahun,

Sekitar 3-4 minggu yang lalu semenjak saat saya minum kopi 2 cangkir pada malam hari perut saya terasa mulai sakit, kata teman saya itu akibat asam lambung yg meningkat krn belum makan dan sudah minum kopi. Semenjak kejadian itu, beberapa hari setelahnya setiap kali saya ingin kencing terasa sakit dan anyang-anyangan, kencingnya pun sedikit-sedikit dan berwarna kuning serta berbau selain itu perasaan ingin buang air kecil terasa sangat sering. Memang, air kencing saya sebelum-sebelumnya sudah berwarna kuning dan sedikit berbau. Ada yg bilang kalo saya kurang mengkonsumsi air putih, buah dan sayuran. apa benar itu berpengaruh dok?

Selain itu 2 hari yg lalu saya merasakan sakit yg teramat sangat di bagian perut sebelah kanan hingga punggung bagian bawah serta badan saya juga terasa seperti demam setiap malam hari. Awalnya saya mengira hal tersebut penyebab dari tanda ingin menstruasi tapi ternyata bukan. Setelah saya googling, ada masalah dengan ginjal. Apa benar dok? Kira2 saya menderita penyakit apa ya?Bagaimana cara mengatasinya?
Terimakasih dok, mohon bantuan serta sarannya :)

rita said...

anak sya baru brumur 2,5 tahun udah lima hari ini kencing trus2an. bhkn smpai kencing dclana sblum sampai kkmar mandi tapi itu kluarny cma sdikit. namun sering. wktu tdur jga spt itu. tau2 clananya basah wlawpun dlm jumlah sdikit. pdahal biasany tdk prnah ngompol. sya khawatir takut ada apa2. mhn pnjelasanya & apa yg hrs dlakukan. TERIMA KASIH

melia said...

Berpikir positif dulu ya bu, krn penyakit itu muncul dipengaruhi oleh pikiran kita. Di coba pijat tradisional dulu, mgkn akibat susah BAB, kalo anaknya perempuan biasakan celana yg basah lgsg di ganti n cuci daerah V yg bersih. Perhatikan juga makan minumnya, krn snack ringan n jajanan pasar yg kurang higienis berpengaruh juga. Kalo mash sering ngompol juga coba cek ke dokter. Kalo jaman org tua dulu, anak kecil sering ngompol di tempelkan binatang capung yg msh hidup diperutnya, cuma saran sy baiknya tes air kencingnya di labor / dokter. T3rima kasih bu

melia said...

Maaf, sy jelaskan sy bukan dokter, sy hanya membantu memberikan informasi dr dokter di berbagai sumber. keluhanya bny sekali, baiknya lgsg cek labor utk tes urine, ginjal n beberapa penyakit lainnya bisa diketahui setelah periksa tes urine. Jgn ditunggu lagi.

melia said...

Maaf, sy jelaskan sy bukan dokter, sy hanya membantu memberikan informasi dr dokter di berbagai sumber. keluhanya bny sekali, baiknya lgsg cek labor utk tes urine, ginjal n beberapa penyakit lainnya bisa diketahui setelah periksa tes urine. Jgn ditunggu lagi.

Anonymous said...

Saya fitri, 20 tahun. Saya seminggu ini sering tanpa sadar pipis di kasur. dan ketika saya melanjutkan pipis di kamar mandi, terasa seperti tidak pipis. Air kencingnya mengalir begitu saja tanpa bisa dirasakan sedang keluar. Padahal sebelumnya tidak pernah begitu. Dan hal yang sama terjadi ketika saya berada di tempat baru yang menurut saya kurang nyaman. kira-kira kenapa ya min?

bro newbie said...

dokter yang mengerti benar soal ini di jakarta barat dimana ya?

thanks

hendra julius said...

saya ira, 19 tahun. akhir2 ini saya sering bgt pengen pipis. dalam 1 jam bisa 2 kali.. air kencing yang keluar juga cuma sedikit, itu karna apa ya??? mohon di respon
trimakasih

Melia Id said...

Mas, cek di kolom komentar ya. terima kasih

Anonymous said...

Saya berumur 18 tahun saya serinv sekali beser bahkan saya pernah buang air kecil di dalam lift tapi hanya sedikit dan setiap kali saya berjalan menuju toilet saya sudah beser. Apa yang salah dari cara hidup saya? Kenapa saya masih muda sudah bisa beser?

Anonymous said...

Sy perempuan berumur 24 tahun mba.akhir2 Ιпi sy sering buang air kecil tp tdk merasa skit ѕαмα sekali. Jika ingin †iϑų® ǰυҨα̍ sering buang air ϑàή klu tiDur biasanya sy bangun sekali untuk buang air kcil mba.apakah sy menderita suatu penyakit?mhon penjelasanx mbak.

Melia Id said...

@anonymous
ngga pa pa sih mbaak..maaassih wajar..sy pun juga begitu..selagi ga ada keluhan lain ga masalah

Post a Comment

 
Support : Infokutuju
Copyright © 2011. Infokutuju - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website