Infokutuju

Do Not Stop Learning

Tips Bangun Rumah Menurut Fengshui



Hunian modern seringkali menggunakan tips fengshui dalam membangun sebuah rumah. Meskipun ada sebagian orang tidak mempercayainya, tidak sedikit juga mengikuti aliran fengshui ini. Namun ada baiknya juga kita mengetahui ilmu fengshui sekedar menambah wawasan, percaya atau tidaknya, semoga menjadi bahan pertimbangan dalam memilih, membangun, dan renovasi rumah.

Tips fengshui untuk Tanah atau Lokasi rumah
1. Hindari membangun rumah dari bekas tanah / bangunan rumah sakit, pos polisi, tanah pemakaman, rumah potong hewan, tempat ibadah. Alasannya, karena mengandung energi negatif, mempengaruhi emosi penghuninya, seperti kesedihan, ketakutan,dan kesehatan

2. Jika sudah terlanjur memiliki rumah diatas bekas bangunan tersebut, solusinya dengan merobohkan seluruh bangunan kemudian membiarkannya terbuka dibawah sinar matahari selama kurun waktu tertentu, serta membuang lapisan tanah teratas minimal 1 meter dan menggantinya dengan timbunan tanah yang baru dari sumber yang bagus yang tentu saja tidak mengandung energi yang negatif.

3.Tidak disarankan untuk menghuni disebuah kawasan tanah yang tandus dan berbatuan, karena energi dari tanah ini dihalangi oleh bebatuan dan sulit masuk kedalam tanah. Lantas, bagaimana dengan tanah yang berlumpur? Tanah yang berlumpur memberikan indikasi bahwa kualitas tanah terlalu banyak air yang mana kondisi ini bisa menghambat energi Qi mengumpul dan berpencar ke dalam rumah, dan pada gilirannya dapat mempengaruhi kesehatan penghuni secara jangka panjang.

4. Hindari memilih lokasi rumah seperti tusuk sate

Tips fengshui untuk Pintu Utama

1. Hindari memasang cermin menghadap atau segaris dengan pintu utama, akan menghalangi atau mengurangi efek energi yang masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, tidak heran jika energi yang dipantulkan kembali oleh kehadiran cermin diibaratkan seperti energi positif yang mewakili keberuntungan penghuni tidak dapat terkumpul. Perbaikan untuk kasus seperti ini adalah cukup memindahkan posisi cermin agar tidak segaris lurus dengan pintu. 

2. Pengaturan lain yang ‘mengeringkan’ penghasilan keluarga adalah ketika pintu depan membuka ke arah jendela atau segaris lurus dengan pintu bagian belakang rumah dalam jarang kurang dari 10 meter. Solusinya adalah dengan sering menutup jendela atau pintu bagian belakang ketika pintu bagian depan dibuka, atau untuk kasus pintu depan yang segaris lurus dengan pintu belakang Anda bisa memasang kabinet atau rak yang bertindak sebagai partisi atau pembatas ruangan agar pintu bagian belakang seolah-olah tidak langsung tampak dari depan ketika masuk.

3. Kasus lain yang sering ditemui adalah tiang listrik di depan pintu utama. Ini bisa merugikan kesehatan keluarga terutama bila tiang itu memiliki transformer yang menempel dengannya. Solusi terbaik dari kasus ini adalah dengan meminta perusahaan listrik untuk memindahkan tiang listrik agar berada di samping bangunan. 

4. Pohon di depan pintu, merupakan salah satu sebab kondisi mental penghuni tidak stabil. Perbaikan yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan atau menebang pohon tersebut. Bila ini tidak memungkinkan, maka cobalah memindahkan pintu utama Anda. 

5. Kasus lain yang sering ditemui adalah posisi jalan masuk antara pintu rumah tetangga dengan pintu utama rumah Anda dalam segaris lurus. Dalam Feng Shui ini disebut dengan ‘Chong Sha’. Energi Qi yang dibawa oleh lalu-lintas akan bersaingan dan bisa menyebabkan kehilangan kesempatan bisnis. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkan air mancur di depan pintu utama, agar Qi dapat berhenti di depan rumah Anda. 

6.Pintu utama selalu diupayakan untuk berukuran lebih besar daripada pintu belakang. Pintu yang menjadi tempat masuk tamu ke dalam rumah, sebaiknya, daunnya tidak dibuka ke arah luar yang menjadi arah kedatangan tamu.

7.Sebaiknya jangan meletakkan pintu gerbang rumah sejajar dengan pintu utama rumah. Hal ini dapat mengakibatkan penghuni kehilangan inisiatif dan kreativitas serta juga bisa menghabiskan seluruh potensi,termasuk keuangannya

Tips fengshui untuk atap dan pagar rumah

1. Hindari membuat gerbang tembok menghadap tumpukan sampah didepan gerbang, Karena kesehatan penghuni sering menemui masalah, serta keberuntungan atau bisnis keluarga akan sulit datang. Perbaikannya adalah meminta pada pihak yang bersangkutan dengan masalah ini untuk memindahkan posisi pembuangan sampah.

2. Segera perbaiki gerbang tembok yang rusak dan retak

3.Kesalahan yang sering terjadi, adanya saluran drainase air hujan yang terbuat dari jeruji besi tepat di luar pagar. Ini bisa menjadi salah satu penjelasan mengapa penghuni tidak mampu mengumpulkan kekayaan atau keberuntungan karena energi ‘Qi’ yang positif dihisap ke dalam saluran. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengganti saluran drainase ini dengan papan beton. Dalam menutup saluran ini, Anda harus hati-hati agar saluran tidak tertutup rapat karena bisa menyebabkan banjir ketika hujan

4 .Jangan membangun tembok yang ketinggiannya sama dengan ketinggian rumah. Secara keamanan, model rumah dengan tembok yang sangat tinggi memang lebih melindungi privasi penghuni dari luar, namun energi Qi yang dihasilkan juga akan tertekan. Dan karena energi Qi ini tertekan maka akan menjadi mandek, dan mengakibatkan penghuninya tidak dapat berkembang dalam kemajuan hidupnya.

5. Ketika jarak batas antara pintu utama dengan tembok bagian depan rumah terlalu dekat. Ini akan menyebabkan energi Qi akan terjebak dan tidak dapat bersikulasi dengan bebas. Penghuni di rumah ini akan mengalami kesulitan dalam tumbuh dan berkembang atau tidak ada kemajuan dalam hidupnya.

6. Jika memiliki 2 pintu gerbang masuk, usahakan ukuran keduanya tidak sama besar.
7. Perbaiki segera atap rumah yang bocor, sebab menyiratkan keluarga selalu dalam kesulitan keuangan ( sumber http://www.klikfengshui.com )

8 komentar :

  1. oh jadi gitu ya.. bisa jadi sumber masukan ini

    ARCHIRA Archsketch Cipta Inspira

    menerima jasa desain arsitektur, desain interior,gambar kerja, maket, 3D/animasi, estimator RAB, konsultan.

    email: archsketchstudio@gmail.com
    CP: 085729989914
    web: arsitekarchira.com
    twitter : @archsketch
    office: Jalan Garuda No.185B RT 05 RW 30, Gejayan, Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283

    ReplyDelete
    Replies
    1. trima kasih utk infonya mas..sukses trus dlm berkarya

      Delete
  2. Bagus juga ni... Masukannya. Sy boleh tanya ya? Rmh sy menghadap timur laut. Teras dpn rumah sy bikin bak penampung air bawah tanah persis di bawah lantai teras dpn rmh. Menurut fengsui apa ada efek negatipnya? Terimakasih. derison1968@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sekedar info saja, sebagai rujukan lain silahkan kunjungi webs indofengshui a mas...

      Bak penampungan air yang ada di bawah tanah atau groundtank yang dibuat di halamandepan rumah sebaiknya jangan diposisikan tepat di depan pintu utama. Komposisi inidaoat menghambat kelancaran Feng Shui. Letak bak air di depan rumah boleh di sisikanan atau kiri pintu, yang penting jangan tepat di sudutt selatan dari bidang tanah.Andaikata sisi kiri merupakan sudut selatan (berunsur api yang pantang kena air), maka bak air sebaiknya diletakkan di sisi kanan

      Bila lahan terbatas dan bak air terpaksa diletakkan di deoan pintu, usahakan lubangkontrol bak air tersebut letaknya tidak tepat di depan pintu. Soalnya, komposisi ini akanmeggelincirkan hawa rejeki yang akan masuk rumah sehingga terjadi kekosongan rejeki

      Bak penampungan air yang letaknya di bagian carport sesudah pintu pagar atau di garasimobil, dalam Feng Shui tidak terlalu dipermasalahkan. Posisi seperti ini boleh sajaselama penempatannya dianggap benar menurut rumusan ‘lima unsur’, yaitu jangan disudut selatan yang berunsur api. Selain it, yang perlu diperhatikan adala struktur kekuatan

      Delete
  3. Artikel yang bagus, semoga miminnya mau mampir n baca artikel ane yang ga kalah bagusnya. heee
    Salam kenal, terima kasih
    Cara Membangun Rumah Di Tanah Yang Miring
    Cara Mudah Temukan Rumah Dijual / Disewa Disini
    Sewa Apartement
    Perumahan Baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik mas,, terima ksh sdh mampir

      Delete
  4. lam kenal juga dari saya mas,
    terimakasih buanyak atas pembahasannya, saya juga ingin bangun rumah minimalis aja sih, tapi yang bagus, lg cari konsepnya, thx loh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf blog infokutuju pemiliknya perempuan ( melia id )...trima kasih

      Delete