Home » » Motif Seni Kaligrafi Islam Untuk Hiasan Dalam Rumah

Motif Seni Kaligrafi Islam Untuk Hiasan Dalam Rumah

Melia Id | 2:00 AM | 0 komentar


Kaligrafi memiliki daya tarik estetika yang tinggi,  elemen yang paling sangat dihargai dan paling mendasar dari seni Islam. Menurut wikipedia, kaligrafi, berasal dari bahasa Yunani; καλλι "keindahan" + γραφος "menulis" ) Bahasa Jepang Nihongo 日本語) adalah seni menulis dengan indah dengan pena sebagai hiasan. Meskipun karya seni kaligrafi lebih banyak dikenal dengan tulisan Alquran, namun bahasa cina dan yunani juga salah satu bentuk keindahan dari tulisan kaligrafi

Pada beberapa daerah, penggunaan kaligrafi didesain dalam bentuk yang berbeda-beda. Kaligrafi Islam seringkali dijadikan sebagai hiasan dan pemanis dalam rumah. Tulisan arab yang diambil dari kitab Alquran, dituangkan dalam bentuk tulisan yang dipahat pada kayu jati, mahoni lalu diberi bingkai dekoratif. Kaligrafi arab juga bisa ditemukan di mesjid dan mushola, dan tentu saja harus ditulis oleh orang yang memang mengerti baca Alquran. Meskipun sebagian besar kaligrafi dijadikan karya seni, tidak semua umat Islam mampu membacanya.

Bagi mereka yang menyukai hiasan kaligrafi, baiknya berhati-hati ketika memesan karya seni tersebut. Sebab banyak kasus terjadi dimana tulisan arab yang diukir pada kayu sering salah tulis, dan tentu saja artinyapun berbeda. Kaligrafi bukan sekedar hiasan sebuah rumah dan mesjid, lebih dari itu, sebagai pengingat kepadaNYA, untuk rajin membaca Alquran dan amalan yang harus diterapkan dalam kehidupan.

Berikut ini beberapa gambar kaligrafi yang saya ambil dari internet, hasil browsing di google
Kaligrafi Islam untuk hiasan / dekorasi dalam rumah





Islamic 3D Calligraphy wall hangings

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Infokutuju
Copyright © 2011. Infokutuju - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website