Home » » Belajar Taubat dari Ustadz Jeffry - UJE

Belajar Taubat dari Ustadz Jeffry - UJE

Melia Id | 9:45 AM | 0 komentar


Datangnya hidayah tidak mengenal waktu dan tempat. Jika Allah menghendaki, maka hidayah itu akan datang tanpa bisa dicegah. Hidayahpun kerap datang pada saat tak terduga, begitupun yang dialami Ustadz Jeffry Al Bukhari. Sisi kelamnya yang sempat bergulat dengan dunia narkoba, dugem dan sejumlah kenakalan lainnya, menghantarkan beliau pada pintu hidayah setelah diajak oleh ibu dan kakaknya melakukan ibadah umroh.
Sebagai awal dari usaha pertaubatan, Uje mendapat amanah dari kakak tertuanya alm. Ust. H. Abdullah Riyad, untuk melanjutkan dakwah kakaknya di Jakarta.Dalam perenungannya di Ka'bah, ia sempat menangis mengenang masa lalu yang pernah dijalaninya. Uje berdakwah pertama kali di sebuah masjid di Mangga Dua. Penyajian dakwah yang disampaikan Uje melalui majlis taklim, mushola, jejaring sosial dan sempat membuat album lagu bersama Opick. Uje yang dikenal dengan Ustadz Gaul, bisa menempatkan dakwah dikalangan remaja dimana penyajian ceramah mengikuti jamannya, sembari menggunakan bahasa yang mudah dicerna dengan bahasa gaul yang diminati remaja. serta tidak keluar dari batas aturan dan norma agama.

Ustadz Jeffry tentu mengalami ujian pertaubatan yang dahsyat, apalagi ia sempat bergaul dengan dunia selebritas, ditunjang wajah tampan yang menggoda kaum hawa. Proses belajar menuju taubatan nasuha tentu tidaklah mudah. Sejumlah godaan, cobaan dan ujian siap menghadang, entah itu datang dari lingkungan terdekat, penilaian masyarakat, juga dari bisikan syetan yang mengusik hati. Jika suatu saat orang terbebas dari maksiat yang dilakukan oleh tubuhnya, maka ia tidak dapat terlepas dari keinginan berbuat maksiat dalam hatinya. Dan jikapun tidak ada keinginan itu, dapat pula ia merasakan was-was yang ditiupkan oleh syaitan sehingga ia lupa dari dzikir kepada Allah SWT. Dan jika tidak, dapat pula ia mengalami kelalaian dan kurang dalam mencapai ilmu tentang Allah SWT, sifat-sifat-Nya serta perbuatan-perbuatan-Nya. Semua itu adalah kekurangan dan masing-masing mempunyai sebabnya. Dan membiarkan sebab-sebab itu dengan menyibukkan diri dengan pekerjaan yang berlawanan berarti mengembalikan diri ke tingkatannya yang rendah.

Satu kenyataan yang pasti bahwa Allah sangat menyukai orang yang bertobat:
"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri." (QS. Al Baqarah: 222).
"Katakanlah: "Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Az-Zumar: 53)

Hidup menjadi penentu nilai hidup manusia.  Untuk dapat menciptakan ending cerita kehidupan yang baik, hanya satu kata yang terbentang " konsisten ". Terus menerus berkarya melakukan amal baik., berkesinambungan menciptakan karya terindah yang dicintai Allah.  Namun, Tuhan telah menetapkan satu kaidah bahwa manusia tidak akan mampu beramal melebihi karunia yang Allah berikan. Karena tidak akan ada manusia bisa masuk syurga karena amal yang dilakukannya didunia. Sebab sesungguhnya yang dinilai bukan amalnya, namun semangat ubudiyah yang menyertai pelaksanaan amal tersebut. kita hanya bisa konsisten sampai akhir, bila dia berkenan memberikan rahmatNYA. dan Plot cerita pada akhir kehidupan hanya akan indah bila Allah berkenan memberikan sentuhan rahmatNYA

Seperti pesan terakhir UJE, "pada akhirnya..semua akan menemukan yang namanya titik jenuh.. dan pada saat itu..kembali adalah yang terbaik.. kepada siapa? Kepada DIA pastinya..Bismi_KA Allohumma ahya wa amuut.". Indahnya ending cerita Ustadz Jeffry mendapat perlakuan dari umat dishalati para ribuan jamaah dan masyarakat luas,meninggal pada hari Jum'at yang Insya Allah terbebas dari siksa kubur (bagi orang beriman) Jika saja kita semua mau bercermin dari uje, meninggalkan semua attribut yang memabukan dan berusaha menjauhi larangannya, bukankah kita semua bisa mengubah ending cerita yang indah pula.  Ya Rabb, semoga Kami kelak menjalani hal yang baik pula....SELAMAT JALAN UJE.......
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Infokutuju
Copyright © 2011. Infokutuju - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website