Infokutuju

Do Not Stop Learning

Jualan Es Pisang Hijau Yukkkk


Berdagang es menjadi salah satu pilihan yang banyak diincar pebisnis. Lihat saja, dimana-mana, restoran, mall, didepan sekolahan juga pinggiran jalan, kita selalu bertemu penjual es. Apalagi dihari terik panas dan bulan ramadhan, penjual es kebanjiran orderan, meraup keuntungan. Berjualan es selain modalnya termasuk ringan, murah meriah juga bisa disukai semua kalangan. Bila pintar meramu dan kreatif menjual es, bukan tidak mungkin es hasil kreasi sendiri bisa berkembang besar dan menjadi bisnis waralaba yang kebanjiran peminat.

Masih ragu dan malu memulai menjual es? Kuatkan keyakinan dan tingkatkan semangat juang bahwa berjualan es bisa membuat diri menjadi seorang pengusaha. Banyak cara mendapat penghasilan halal dan keuntungan berlimpah, tidak harus menjadi karyawan, apalagi melakukan tindak penipuan. Keep spirit. Aneka es dari yang modal murah hingga jutaan rupiah, bisa dijadikan lahan bisnis, dan tentu saja dalam penjuaannya harus pintar - pintar mencari lokasi, seperti diluar lingkungan sekolah, pasar, hingga pinggiran jalan.

Ada 2 resep es pisang hijau yang saya suka, infonya didapat dari peluangusaha-oke.com dan sumber lain. Es pisang hijau merupakan hasil karya masyarakat Makasar namun sudah berkembang dikota-kota besar lainnya, dimana cara penjualannya bisa menggunakan cup kecil dan sedang, dengan rata-rata harga berkisar Rp.2.500 - Rp.5.000. Murah, segar dan menguntungkan.

Resep 1
Es Pisang Hijau 

40 gram tepung beras
1/2 sendok teh garam
300 ml air
100 ml air daun suji
3 tetes pewarna hijau
175 gram tepung beras
5 buah pisang raja yang tua
es serut
sirup merah
Bahan Saus :
650 ml santan
50 gram tepungh terigu
75 gram gula pasir
1 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam
Cara Membuat Es Pisang Ijo :
Aduk tepung beras, garam, air, air daun suji, pewarna hijau lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih, angkat.
Tambahkan tepung beras, aduk rata lalu aduk lagi sampai kalis(tidak lengket). Tipiskan adonan, balutkan pada pisang hingga tertutup.
Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.
Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.
Resep 2

BAHAN PISANG HIJAU :
175 gr tepung beras, ayak
50 gr tepung sagu
1/2 sdt garam
100 ml air daun suji
6 buah pisang raja matang
300 ml air
1/2 tetes pewarna hijau

BAHAN BUBUR/SAUS :
800 ml santan dari 1 butir kelapa parut
50 gr tepung beras
75 gr gula pasir
1 lembar daun pandan, simpulkan 1/4 sdt garam

BAHAN PELENGKAP :
Es Serut secukupnya
100 ml sirup cocopandan, siap pakai (bisa menggunakan sirup rasa lain, tergantung selera)
100 ml susu kental manis

CARA MEMBUAT :
1. Campurkan tepung beras, garam, air, air daun suji, dan pewarna hijau, aduk rata. Masak di atas api kecil hingga mendidih sambil aduk-aduk agar adonan tidak berbutir. Angkat.
2. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk hingga kalis. Bagi adonan menjadi 6 bagian. Bulatkan dan tipiskan hingga 1/2 cm.
3. Balut setiap pisang dengan adonan tepung beras hingga semua bagian tertutup rata.
4. Rebus pisang dalam air mendidih hingga mengapung dan adonan matang. Angkat. Tiriskan. Sisihkan.
5. Untuk Bubur : Campurkan santan, tepung terigu, gula pasir, daun pandan dan garam, aduk rata. Masak di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga kental. Angkat.
6. Untuk Penyajian : Potong-potong pisang hijau. Letakkan di atas piring saji. Tuangkan bubur. Tambahkan es serut, sirup, dan susu kental manis.
7. Es pisang hijau siap disajikan dan dinikmati

0 komentar :