Infokutuju

Do Not Stop Learning

Pelajari Hal -hal Yang Merusak dan Yang Bermanfaat Untuk Otak

Pelajari hal - hal yang dapat merusak otak

Tidak Sarapan Pagi
Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.

Makan Terlalu Banyak
Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

Merokok
Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

Mengkonsumsi gula terlalu banyak
Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi,sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.

Polusi Udara
Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

Kurang Tidur
Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

Menutup kepala saat tidur
Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

Menggunakan pikiran saat sakit
Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya
efektifitas otak serta dapat merusak otak.

Kurang menstimulasi pikiran
Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita.Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan
mengkerutnya otak kita.

Jarang berkomunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

Makanan dan Minuman yang sangat bermanfaat untuk otak

Sayuran
Kubis, bayam, dan kangkung, adalah sayuran hijau yang sangat baik bagi pertumbuhan otak anak dan orang dewasa. Sayuran ini mengandung vitami B6, Bl2, dan asam folat. Fungsinya untuk mampu meningkatkan daya inga dan memproses informasi yang telah dipelajari sebelumnya. Vitamin ini dibutuhkan otak untuk mencegah demensia (penyakit lupa) dan Alzheimer. Sayuran hijau juga kaya zat besi yang penting bagi tubuh.

Ikan
Mengkonsumsi ikan secara teratur ternyata dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer. Konsumsi omega 3 juga membuat suplai oksigen melimpah ke otak. Otak dapat menerima informasi baru sekaligus memproses ingatan lama. Ikan yang banyak mengandung omega3 : ikan tuna, tongkol, tenggiri, layang, ikan kembung dan ikan lemuru, Ikan salmon dan ikan haring

Coklat
Antioksidan utama dalam cokelat adalah flavonols. Zat ini berperan penting untuk meningkatkan aliran darah ke otak.

Telur
Telur mengandung vitamin B12 dan lesitin. Vitamin B12 membantu melawan efek pengecilan otak yang sering dialami para penderita Alzheimer. Kuning telur yang  mengandung kolin berperan membangun sel otak dan meningkatkan kemampuan mengingat. Telur baik baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Kacang
Kacang-kacangan dan bij bijian kaya akan omega 3 dan 6, asam folat, vitamin E dan vitamin B6 yang membantu otak berpikir lebih cepat dan jernih. Omega 3 dan juga bisa menjadi anti depresan alami agar kita mampu berpikir lebih positif.
Beberapa jenis kacang dan biji-bijian juga banyak mengandung vitamin (Vitamin Bl) dan magnesium yang bagus untuk daya ingat dan fungsi kogniti otak.

Teh Hijau
Teh hijau atau teh hitam mengandung catechin, yaitu antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Kelelahan dan otak malas berpikir, mungkin terjadi karena kita kekurangan asupan catechin untuk otak. Catechin membuat otak tetap tajam, segar, dan berfungsi maksimal Zat ini juga mampu membuat tubuh dan pikiran terasa rileks dan mengurangi kelelahan mental.Khasiat teh hijau lebih baik dibandingkan teh hitam, tetapi keduanya tetap sama baik bila dikonsumsi.

Buah Beri
Keluarga buah beri, seperti blueberries, sangat baik untuk meningkatkan kemampuan motorik dan belajar. Kandungan fisetin dan flavonoid (antioksidan) yang ada pada buah beri membantu meningkatkan kemampuan ingatan.

Apel
Zat quercetin yang terkandung dalam buah apel ternyata bisa membantu melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan otak ini jika tidak dicegah bisa menyebabkan risiko terkena penyakit Alzheimer.
Selain baik untuk otak, apel juga dikenal kaya akan antioksidan yang baik untuk pertahanan tubuh. Apel merah memiliki kandungan antioksidan paling tinggi dibanding warna lain yang lebih pucat.

Jeruk
Kaya akan vitamin C,  Namun kandungan flavonoids dalam jeruklah yang bermanfaat untuk otak. Sebagai antioksidan, flavonoids bisa melawan efek buruk radikal bebas yang membahayakan otak.

Delima
Delima mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan serangan radikal bebas. Namun perlu diperhatikan jika memilih meminum jus yang sudah jadi. Pelajari komposisi bahan dan jumlah kalori dalam satu gelas jus tersebut. Umumnya jus tersebut telah dicampur dengan gula serta bahan lain yang membuat rasanya lebih nikmat. Karena itu pastikan berapa gelas yang bisa Anda minum agar tak melebihi  kebutuhan kalori harian.

Avokad
Konsumsi advokad dalam jumlah yang tepat bisa membantu Anda melancarkan aliran darah. Lemak tak jenuh yang terkandung dalam avokad bisa membantu melancarkan aliran darah. Aliran darah yang lancar tentunya bisa membantu membuat otak lebih sehat. Manfaat lain avokad adalah membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang sehat tentunya juga baik untuk peningkatakan kualitas otak. Tetapi batasi konsumsi Anda dalam satu hari. Karena mengandung kalori yang tinggi, cukup nikmati 1/4 sampai 1/2 buah avokad dalam sehari. Sebisa mungkin tanpa tambahan kalori dari gula atau susu. (berbagai sumber)

0 komentar :