Home » , » Gejala Gangguan Prostat, Penyebab dan Penanggulangannya

Gejala Gangguan Prostat, Penyebab dan Penanggulangannya

Melia Id | 10:46 AM | 0 komentar
Penyakit Kanker Prostat adalah suatu penyakit yang diserang oleh tumor ganas yang tumbuh didalam kelenjar prostat yang mengakibatkan kelenjar prostat meradang. Penyakit ini biasa menyerang pria berusia diatas 50 tahun dan pada semua pria yang berusia diatas 90 tahun. Kanker prostat merupakan penyebab kematian akibat kanker no 3 pada pria dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker pada pria diatas 74 tahun.

Mengapa kanker prostat sering dialami oleh usia lanjut? Keadaan ini berkaitan erat dengan perubahan keseimbangan hormon yangg diproduksi oleh tubuh. Perubahan hormon ini disebabkan oleh terjadinya keseimbangan proses metabolisme pada kelompok usia lanjut. Pada beberapa pria, pembesaran ini dapat mengganggu pengeluaran urine, sehingga penderita kesulitan buang air kecil. Akibatnya jumlah urine dalam kandung kemih menjadi berlebih dan dapat menyebabkan peradangan, rasa nyeri, panas, bahkan sampai mengeluarkan darah ketika buang air kecil.

Gejala prostat yang sering dialami pria dewasa:

~ Rasa nyeri di bagian bawah perut terutama bila menahan kencing disertai keluarnya keringat dingin,  pada kasus tertentu rasa nyeri atau terbakar, bahkan bisa mengeluarkan darah saat kencing

~ Sulit untuk memulai kencing, biasanya harus mengejan terlebih dahulu
~ Aliran air seni kurang lancar dan tidak tuntas.
~ Meningkatnya frekwensi buang air kecil. Dalam sehari semalam bisa 10-20 kali buang air kecil.

~ Demam dan berat badan merosot drastis, Gejala ini biasanya muncul setelah gangguan pada prostat semakin memburuk dan berkembang menjadi radang prostat
~ Nyeri terus menerus di bagian punggung, paha dalam bagian atas
~ Sulit BAB atau terjadi gangguan pencernaan lainnya
~ Keluar darah saat kencing
~ Sakit Saat Kencing
~ Darah pada Sperma

Penyebabnya:
Kita tidak tahu mengapa prostat membesar pada pria yang lebih tua, namun diduga berkaitan dengan perubahan hormonal yang terkait penuaan.Faktor keturunan, Bila ayah atau kakak Anda terkena kanker prostat pada usia relatif muda (di bawah 60), risiko Anda lebih tinggi. Juga bila saudara perempuan Anda terkena kanker payudara.

Penanggulangan :
~ Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan yang penting bagi prostat, seperti tomat, avokad, dan kacang-kacangan.

~ Perbanyak mengonsumsi kubis-kubisan. Beberapa hasil penelitian menyebutkan, pria yang sering mengonsumsi kubis-kubisan kurang berisiko mendapatkan gangguan prostat.

~ Cukupi kebutuhan lemak esensial seperti Asam lemak omega 3, dan mineral seng dapat mengurangi gejala gangguan prostat

Obat alami penyakit kanker prostat :
- 5 jari tangan akar pohon enau
- 5 jengkal akar alang-alang
- Satu genggam daun kumis kucing
- Satu sendok makan adas
- 1 jari tangan pulosari

Caranya:
Akar alang-alang dan daun enau dicuci hingga bersih kemudian dipotong kecil-kecil. Kemudia bahan-bahan tersebut direbus dalam 5 gelas air. Biarkan saja air menyusut hingga tersisa 3 gelas. Air rebusan dari ramuan tersebut silahkan diminum 3 kali sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum. Lakukan pengobatan ini selama seminggu berturut-turut jika hasilnya menunjukan adanya suatu kemajuan ulangi hingga benar-benar sembuh. (any sources)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Infokutuju
Copyright © 2011. Infokutuju - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website